Penetapan Nomor Urut Pilgub Sumut: Bobby Nasution-Surya 1, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala 2

ERA.id - Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dalam Pemilihan Gubernur pada Pilkada Serentak Tahun 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, terhadap Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala dan Bobby Nasution -Surya.

Pengundian dan penetapan nomor urut ini dipimpin KPU Sumut bersama Bawaslu Sumut di Grand Mercure Hotel Medan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Senin (23/9/2024). Pengundian dan penetapan nomor urut dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dimulai pukul 20.00 WIB.

Pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala bersama rombongan yang pertama tiba di lokasi pukul 19.27 WIB. Selang beberapa menit kemudian, rombongan Bobby Nasution-Surya tiba.

"Ini saya menyebutkan berdasarkan pendaftaran, saya hormati bapak Bobby Nasution dan Surya. Yang saya hormati bapak Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala. Dan saya hormati pimpin partai politik pengusung," sebut Ketua KPU Sumut, Agus Arifin dalam sambutannya.

Agus Arifin mengatakan, pengundian dan penetapan nomor urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Pemilihan Tahun 2024 ini merupakan rangkaian pelaksanaan. Prosesi ini digelar melalui rapat pleno terbuka.

"Hari ini, kita melakukan rangkaian selanjutnya dengan melakukan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dalam Pemilihan Tahun 2024," ucap Agus.

Agus mengatakan hasil pengundian dan penetapan nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dalam Pemilihan Tahun 2024, dituangkan dalam berita acara.

"Nomor urut 1, Bobby Nasution-Surya dan nomor urut 2, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala," sebut Agus Arifin menyebutkan pengundian dan penetapan nomor undian masing-masing paslon.

Kontestasi Pilgub Sumut ini, pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala diusung oleh partai, PDI Perjuangan, Partai Gelora, Partai Gelora, Partai Hanura, Partau Ummat dan Partai Kebangkintan Nusantara (PKN) dengan jumlah perolehan suara sah DPRD Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 1.820.883 suara sah.

Sedangkan, paslon Bobby Nasution-Surya diusung partai, Gerindra, Golkar, NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN). Lalu Partai Persataun Pembangunan (PPP), Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dengan jumlah perolehan suara sah DPRD Provinsi Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 5.493.530 suara sah.