Dapat Nomor Urut 3, Pramono Anung Ngaku Karena Bisikan Rano 'Doel' Karno

ERA.id - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano 'Doel' Karno resmi mendapatkan nomor urut 3 di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Ditemui usai pengambilan nomor urut paslon cagub-cawagub, Pramono mengungkapkan bahwa pilihannya hingga mendapat nomor urut 3 karena mendengar bisikan dari Rano.

"Bang Doel menyampaikan mudah-mudahan nomor kita nomor 3, maka ketika Bang Doel memilih, saya memberikan keleluasaan kepada Bang Doel untuk memilih," kata Pramono di Kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024).

Saat pengundian nomor, para cawagub mendapat kesempatan mengambil bola dari fish bowl untuk nomor urut pemanggilan. Saat itu Rano mendapat urutan ketiga.

Saat memilih tabung berisi nomor urut paslon, para cagub lah yang mengambil. Pramono mengaku diarahkan oleh Rano untuk memilih tabung paling kanan.

Sebab, menurut Rano, tabung paling kanan berisi nomor urut 3.

"Beliau bilang, 'mas yang sebelah kanan itu nomor 3', demi Allah dia menyampaikan itu, dan alhamdulillah nomor 3," kata Pramono.

Mantan menteri sekretaris kabinet (menseskab) itu mengaku senang mendapat nomor urut 3. Sebab, nomor tersebut sama seperti nomor urut PDI Perjuangan yang merupakan partai politik pengusungnya.

Dengan begitu, akan memudahkan dirinya dan Rano untuk berkampanye dan mensosialisasikan diri kepada warga Jakarta.

"3 adalah nomor yang sama dengan partai kami. Yang kedua, lebih gampang untuk melakukan sosialisasi, tetapi mudah-mudahan nomor 3 menjadi keberkahan dan kebetulan saya anak nomor 3," kata Pramono.

Dia pun menyampaikan, memasuki masa kampanye, masing-masing pasanga calon maupun pendukungnya diminta supaya mengedepankan kompetisi yang adil.

Pramono menegaskan, dirinya dan Rano berkomitmen tidak akan menggunakan politik ras dan agama dalam kampanyenya.

"Kami menginginkan kompetisi berlangsung secara adil. Kemudian yang kedua, kita tidak membawa politik identitas agama dan sebagainya," katanya.

"Bertarung secara fair, terbuka dan mudah-mudahan KPUD menjadi wasit yang adil, dan kami yakin itu, sangat yakin," kata Pramono.

Diketahui, KPUD menggelar pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur peserta Pilgub Jakarta 2024.

Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapat nomor urut 1, pasangan Dharma Porengkun-Kun Wardhana mendapat nomor urut 2, dan pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor urut 3.