UNRWA: Jalur Gaza Lingkungan Terburuk Bagi Pekerja Kemanusiaan

ERA.id - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pengungsi Palestina (UNRWA) memberikan predikat Jalur Gaza sebagai lingkungan terburuk bagi pekerja kemanusiaan. Jalur Gaza dinilai menjadi pekerjaan paling sulit bagi siapa pun. 

"Saya pikir pekerjaan di Gaza ini sulit bagi siapa pun. Ini adalah salah satu lingkungan terburuk bagi pekerja kemanusiaan," kata komisaris jenderal badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) Philippe Lazzarini di sela-sela Sidang ke-79 Majelis Umum PBB di New York, dikutip Anadolu, Kamis (26/9/2024).

Meski menjadi lingkungan kerja terburuk, Philippe menekankan semua pekerja UNRWA bisa melakukannya sebaik mungkin.

"Namun, meskipun demikian, rekan-rekan kami mampu melakukannya," ujarnya. 

Jalur Gaza menjadi titik utama perang yang melibatkan kelompok militan Hamas dengan Israel sejak 7 Oktober 2023. Israel menjadikan Jalur Gaza sebagai sasaran utama serangan roket.

Selain itu, pejuang kelompok Hamas Palestina menyusup ke daerah perbatasan, menembaki militer dan warga sipil, serta menyandera warga Israel.

Israel pun membalas serangan mematikan Hamas yang diklaim sudah menewaskan 1.200 orang dengan meluncurkan Operasi Pedang Besi di Jalur Gaza. Bukan hanya itu saja, Israel juga turut mengumumkan blokade penuh di daerah kantong Palestina itu. 

Otoritas kesehatan melaporkan jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Gaza telah melampaui 41.000, sejak 7 Oktober tahun lalu.