Sebut RI Lalui Masa Sulit dari Pandemi hingga Krisis Ekonomi, Puan Klaim Indonesia Kuat karena Bersatu

ERA.id - Ketua DPR, Puan Maharani menyinggung soal prjalanan sulit yang dilalui Indonesia selama 5 tahun ke belakang. Ia juga mengklaim semua perjalanan sulit tersebut mampu dilalui karena ada persatuan.

Awalnya, Puan mengawali pidato dengan menyebutkan sejumlah tantangan dalam mewujudkan tujuan bernegara. Diantaranya harus menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

"Dunia dihadapkan pada konflik geopolitik regional yang berdampak pada krisis pangan dan energi global, termasuk Indonesia," katanya.

Ia juga menyebutkan di satu sisi pembangunan nasional yang berada dalam situasi pemulihan ekonomi. Lalu di sisi lain juga harus menyelesaikan permasalahan struktural dalam berbagai bidang membutuhkan kapasitas keuangan negara yang kuat.

"Pemilu tahun 2024 yang penuh dengan dinamika merupakan pengalaman baru bagi bangsa dan negara dalam menjalankan praktik demokrasi," katanya.

Puan mengatakan semua perjalanan sulit tersebut dapat dihadapi dan dilalui bersama. Ia mengklaim hal itu bisa dilalui karena bersatu.

"Kita bersatu karena kita memiliki jiwa gotong royong yang kuat; itulah kita, Indonesia: kuat karena bersatu, bersatu karena kuat," katanya.