DPR 2024-2029 Dilantik Hari Ini, Puan Sebut Hubungan Legislatif-Eksekutif Era Jokowi Sangat Baik

ERA.id - Ketua DPR RI 2019-2024 Puan Maharani menyebut hubungan antara lembaga legislatif dan eksekutif saat era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlangsung sangat baik.

Hal itu disampaikan saat ia dimintai tanggapan soal hubungan legislatif dan eksekutif usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

"Saat ini, 10 tahun pemerintahan Pak Jokowi hubungan antara eksekutif dan legislatif itu sudah bisa terjalin dengan baik. Walaupun terjadi banyak dinamika, akhirnya bisa didapatkan titik temu di antara partai politik atau fraksi yang ada di legislatif," ujarnya dikutip dari Antara.

Puan berharap pada pemerintahan selanjutnya hubungan legislatif dan eksekutif tetap terbangun dinamis, konstruktif, dan harmonis.

Terkait dengan arah legislasi lima tahun mendatang, Puan mengatakan bahwa parlemen ingin membangun legislasi yang berkualitas.

"Tidak perlu muluk-muluk atau terlalu banyak, tetapi harus diingat juga produk undang-undang itu bukan hanya dibuat oleh DPR, melainkan juga harus bersama Pemerintah, jadi sinergitas antara keduanya itu memang harus terbangun," jelasnya.

Selain itu, kata dia, yang terpenting adalah mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat serta melakukan proses legislasi sesuai dengan mekanisme yang baik sehingga produk dari legislasi tersebut bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Hari ini, Selasa (1/10/2024), sejumlah 580 anggota DPR RI 2024-2029 dilantik dalam rapat paripurna perdana yang dipimpin oleh Ketua DPR RI sementara dari perwakilan anggota termuda dan tertua. 

Berdasarkan data Kesekjenan DPR RI, anggota DPR 2024-2029 termuda adalah putri mendiang politikus Desmond J Mahesa, Annisa MA Mahesa yang masih berusia 23 tahun. Sementara anggota tertua adalah politikus Partai Demokrat, Zulfikar Achmad yang berusia 78 tahun.