732 Anggota MPR RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

ERA.id - Sebanyak 732 anggota Majelis Permusyawartan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Anggota MPR RI yang dilantik terdiri dari 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah.

Setelah itu, seluruh anggota MPR RI periode 2024-2029 mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," ucap Syarifuddin yang diikuti oleh seluruh anggota MPR RI periode 2024-2029.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur mereka.

Selanjutnya, perwakilan anggota MPR RI secara simbolis menandatanganu Berita Acara Sumpah/Janji Anggota MPR secara simbolis yang disaksikan Ketua MA.

Pelantikan anggota MPR periode 2024-2029 dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah tokoh undangan lainnya juga hadir seperti Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sejumlah tokoh lainnya juga terlihat hadir, diantaranya Wakil Presiden ke-6 RI Try Soetrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Budiyono. Serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.