Ngeri, Ratusan Ton Bom Era Perang Dunia II Masih Bersemayam di Tanah Jepang

ERA.id - Pejabat Kementerian Pertahanan Jepang menyebutkan sejumlah bom yang dijatuhkan oleh militer Amerika Serikat (AS) selama Perang Dunia II ditemukan di sekitar Bandara Miyazaki. Ratusan ton bom dari perang pun masih terkubur di berbagai tempat di Jepang dan sering ditemukan di lokasi konstruksi.

Sebelumnya, sebuah bom bekas Perang Dunia II meledak di Bandara Miyazaki, Jepang, Rabu (2/10/2024). Dilansir dari ABC News, berdasarkan penyelidikan polisi, bom seberat 500 pon itu diketahui berasal dari Amerika Serikat (AS) dan terkubur dalam tanah di kawasan bandara.

Ledakan bom itu membuat kawah besar di jalur taksi dan membatalkan lebih dari 80 penerbangan.

Kementerian Pertanahan dan Transportasi melaporkan tidak ada pesawat dekat lokasi saat ledakan terjadi. Seorang pejabat Jepang juga mengungkapkan tidak ada korban jiwa dan cedera.

Video dari sekolah penerbangan terdekat menunjukkan ledakan yang menghempaskan potongan-potongan aspal ke udara.

Rekaman di televisi Jepang memperlihatkan sebuah kawah berdiameter sekitar 7 meter dan kedalaman 1 meter di jalur taksi. Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan semua aktivitas penerbangan dan operasi bandara akan kembali dimulai pada Kamis (3/10/2024) pagi.