Tok! Ahmad Muzani Resmi Jadi Ketua MPR Periode 2024-2029

ERA.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) resmi menetapkan pimpinan MPR periode 2024-2029, dalam Rapat Paripurna yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra resmi ditetapkan sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. Dia akan didampingi oleh delapan wakil ketua.

Delapan Wakil Ketua MPR itu antara lain Bambang Wuryanto dari Fraksi PDI Perjuangan, Kahar Muzakir dari Fraksi Golkar, Lestari Moerdijat dari Fraksi NasDem, Rusdi Kirana dari Fraksi PKB, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Eddy Soeparno dari Fraksi PAN, Eddy Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Demokrat, Abcandra Muhammad Akbar Suprarman dari kelompok DPD.

"Apakah hasil rapat gabungan terkait dengan pimpinan MPR periode 2024-2029 dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR 2024-2029 dapat disetujui?" kata Ketua MPR sementara Guntur Sasono.

"Setuju," jawab seluruh anggota MPR.

Pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan.

Setelah disetujui, pimpinan MPR periode 2024-2029 dilantik dan membacakan sumpah janji yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua/Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," ujar Syarifuddin yang ditirukan oleh ketua dan wakil ketua MPR.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur mereka.

Setelah pengambilan sumpah janji jabatan, Muzani secara resmi mengambil alih kepemimpinan MPR.