Soal Demokrat Masuk Kabinet Prabowo, AHY: Kami Siap Jalankan Tugas Apapun

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku siap menerima tugas apapun jika masuk menjadi bagian menteri kabinet Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

“Intinya begini, kami akan siap menjalankan tugas apapun yang diminta oleh presiden terpilih bapak Prabowo Subianto,” kata AHY di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/10/2024).

Selain itu, AHY  juga siap menjadi Menteri kembali dan mengaku ingin mengambil peran dan menjadi bagian perjuangan pemerintahan Prabowo dalam lima tahun ke depan.

“Karena semangatnya adalah kami menjadi bagian perjuangan dan bagian peran lima tahun ke depan di pemerintahan,” ucapnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) AHY mengaku mengembalikan segala keputusan kepada Prabowo.

“Tapi semua kami kembalikan kepada Pak Prabowo Subianto dan kami siap menjalankan tugas itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, pernyataannya tersebut juga dilontarkan saat dirinya  menjawab pertanyaan Rektor Universitas Airlangga Prof Mohammad Nasih, di Ujian Doktor Terbuka pada Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (7/10/2024).

Menjawab pertanyaan prof Nasih itu, AHY kemudian membuat sebuah analogi. Ia menjelaskan ditunjuk sebagai menteri sama seperti bertugas sebagai prajurit tentara. Mereka harus siap saat diterjunkan di manapun dan kapanpun.

“Tugas kita, ini berlaku nih banyak kawan-kawan di tentara, siap menjalankan tugas, siap, di mana saja, asal tidak jauh dari Monas,” ujar AHY.

Secara prinsip, AHY mengaku siap bila ditunjuk kembali sebagai menteri. Ia terang-terangan ingin mengambil peran di kabinet, di manapun posisinya.

“Tapi prinsipnya dimana saja, karena semua orang punya value, setiap orang punya peran, saya dan yang lainnya semua pasti ingin menjadi bagian dari peran itu. Mudah-mudahan itu bisa kita wujudkan bersama. Jadi dimana pun kami siap dan harus siap,” pungkasnya.