Momen Istri Ambil Alih Pesawat Usai Suami Alami Serangan Jantung, Dapat Bantuan dari Pengawas Udara

ERA.id - Seorang perempuan sekaligus istri dari pilot, Eliot Alper, terpaksa mengambil alih kendali pesawat setelah suaminya mengalami serangan jantung. Pesawat bermesin ganda itu berhasil mendarat berkat bantuan dari pengawas lalu lintas udara.

Badan Penerbangan Federal mengatakan Yvonne Kinane-Wells (69) harus mengambil alih tugas suaminya sebagai pilot setelah Eliot mendadak mengalami serangan jantung selama penerbangan. Tanpa memiliki keahlian dalam menerbangkan pesawat, Yvonne berhasil mendaratkan pesawat berkat bantuan pengawas lalu lintas udara.

Dari rekaman yang dibagikan oleh Inside Edition, pengawas lalu lintas udara memberi tahu Yvonne soal ketinggian pesawat dan menyuruhnya mengubah arah untuk mendarat di Bandara Meadows Field di Bakersfield.

Pesawat bermesin ganda Beechcraft King Air 90 itu diketahui lepas landas dari Henderson, Nevada, ke Monterey, California. Ia berhasil mendaratkan pesawat pada pukul 01.40 siang.

"Seorang penumpang di kokpit mencoba mencari tahu cara terbang," kata seorang pengawas, dikutip People, Kamis (10/10/2024).

Direktur bandara untuk Kern County, Ron Brewster, mengatakan bahwa insiden ini belum pernah terjadi sebelumnya. FAA dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) sedang melakukan penyelidikan.