Penampakan 60 Polisi Gendut di Trenggalek Jalani Diet dan Olahraga Jelang Pilkada, Apa Kerjanya?

ERA.id - Puluhan polisi gendut di Trenggalek Jawa Timur menjalani pembinaan pengendalian berat badan melalui Indeks Masa Tubuh (IMT) agar memiliki berat ideal.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta mengatakan sebanyak 60 anggotanya wajib mengikuti program ini karena postur tubuh mereka dinilai tidak ideal dan harus dilakukan penurunan berat badan.

AKBP Indra menyampaikan puluhan polisi gendut ini akan mengikuti program diet yang  digelar dua kali dalam seminggu dan dilakukan hingga berat badan serta postur anggota polisi kembali ideal.

Program ini dilakukan, kata dia, supaya tugas Polisi yang sangat kompleks terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak. Kondisi ini  menuntut fisik yang tidak hanya sehat tetapi juga bugar dan prima.

“Kedepan, banyak kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan perlu perhatian. Sebagai anggota Polri tentunya kita harus siap. Salah satunya harus sehat, sehingga bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan hasil yang lebih optimal,” ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Ia menyebut 60 anggota polisi ini berasal dari Polres dan Polsek jajaran. Sebelum dimulai, seluruh peserta diperiksa kesehatannya terlebih dahulu oleh tim medis. Termasuk riwayat penyakit dan lain-lain.

Kemudian pemanasan dan stretching, dilanjutkan jalan kaki dan lari selama kurun waktu 45 menit.

“Kita sampaikan pula, jangan terlalu dipaksakan. Tetap terukur dan sesuai dengan kapasitas diri. Jangan sampai nanti malah cidera," tuturnya.

Program ini meliputi beberapa hal seperti perbaikan pola makan, olahraga siang hari dan lari. Dalam seminggu program ini akan dilakukan sebanyak dua kali hingga berat badan dan postur anggota kembali ideal.  

"Programnya meliputi, memperbaiki pola makan, olahraga siang hari hingga lari, dilakukan dua kali semimggu hingga kembali normal,"pungkasnya.