Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

ERA.id - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menyandang status sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Prabowo kini adalah Presiden ke-8 RI, sedangkan Gibran adalah Wakil Presiden ke-14 RI.

Prabowo dan Gibran ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden setelah mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Prabowo.

Setelah Prabowo, giliran Gibran yang mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Setelah pengucapan sumpah jabatan, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara. Kemudian berita acara juga ditandatangani oleh para pimpinan MPR.

Ketua MPR Ahmad Muzani lantas menyerahkan berita acara kepada Prabowo. Seluruh legislator dan tamu undangan pun bertepuk tangan.

Resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden, Prabowo dan Gibran langsung bertukar tempat duduk dengan Presiden ke-7 RI Joko Widodo dan Wakil Presiden ke-13 RI Ma'ruf Amin yang hari ini purnatugas.

"Dengan telah diucapkannya sumpah tersebut, maka mulai saat ini Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka adalah presiden Republik Indonsia dan wakil presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029," ucap Muzani.

Pelantikan Prabowo-Gibran dihadiri oleh Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-3 RI Try Soetrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presien ke-11 RI Boediono.

Rival Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga turut menghadiri acara pelantikan tersebut.

Sejumlah pimpinan dan perwakilan negara-negara sahabat ikut menyaksikan pelantikan Prabowo-Gibran pada hari ini.

Diketahui, Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 dengan memperoleh 96.214.691 suara.