Canangkan Swasembada Pangan, Prabowo: Dalam Waktu Singkat Indonesia Lumbung Pangan Dunia

ERA.id - Presiden Prabowo Subianto mengatakan, di bawah kepemimpinannya akan mencanangkan swasembada pangan. Dia menegaskan, Indonesia tak boleh lagi bergantung pada pihak luar.

Hal itu disampaikan dalam pidato perdananya di Rapat Paripurna MPR Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

"Saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita tidak boleh bergantung sumber makan dari luar," kata Prabowo.

Dia mengatakan, di tengah krisis pangan yang terjadi secara global, tak ada negara yang sukarela memberikan bahan pangannya kepada negara lain.

Oleh karena itu, pemerintah tidak punya pilihan lain selain mencapai ketahanan pangan.

"Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan. Kita harus mampu memenuhi dan memproduksi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Dia meyakini, dalam waktu empat hingga lima tahun ke depan, Indonesia bakal menjadi lumbung pangan dunia.

"Saya sudah mempelajari bersama para pakar yang membantu saya saya yakin paling lambat 4 sampai 5 tahun kita akan Swasembada pangan bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," pungkasnya.