Jadi Menteri Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto Mengaku Sudah Mundur dari Polri

ERA.id - Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik Komjen Pol Agus Andrianto menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan di kabinet Merah Putih periode 2024-2029 di Gedung Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Jenderal bintang Polri itu mengaku bahwa dirinya telah mengundurkan diri sebagai Wakil Kepala Polri. "Sudah (mengundurkan diri). Pensiun atas permintaan sendiri," kata Agus. 

Ia menegaskan bahwa dirinya mengundurkan diri karena mendapatkan Amanah dari Prabowo untuk membantu di kabiner kerjanya. Dan bukan dari arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Arahannya dari bapak presiden, bukan dari pak Kapolri. Arahannya kan dari pak Presiden ya. Kami hanya mendapat tugas dari bapak presiden untuk membantu beliau apa yang menjadi program beliau akan kita bantu," kata dia. 

Hari ini, Presiden Prabowo Subianto resmi melantik 48 menteri dan kepala lembaga Kabinet Merah Putih yang digelar pada pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Senin. 

Prosesi pelantikan diawali dengan membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 133 P/2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Peangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Setelah itu, Prabowo megambil sumpah jabatan para menteri dan kepala lembaga di kabinetnya.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Prabowo mendiktekan sumpah jabatan dan diikuti oleh seluruh menteri da kepala negara yang dilantik hari ini.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Prabowo diikuti para Menteri yang dilantik.