13 Komisi di DPR Baru Aktif Rapat dengan Menteri Kabinet Merah Putih Mulai Pekan Depan

ERA.id - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, 13 komisi di DPR baru efektif menggelar rapat dengan mitra kerjanya mulai pekan depan.

Salah satu alasannya karena menteri-menteri Kabinet Merah Putih yang menjadi mitra kerja DPR akan melaksanakan pelatihan di Magelang, Jawa Tengah pada pekan ini.

"Kemungkinan baru akan ada rapat-rapat minggu depan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Selain itu, DPR juga perlu melakukan sejumlah mekanisme seperti penyusunan struktural alat kelengkapan dewan (AKD), setelah Presiden Prabowo Subianto mengunumkan susunan kabinetnya.

"Kan setelah penetapan di komisi juga setelah pengumuman di kabinet itu harus ada mekanisme internal di DPR RI ini di komisi-komisi," kata Puan.

Sebagai informasi, DPR baru selesai menetapkan lingkup dan mitra kerja masing-masing komisi, serta struktural AKD lainnya.

Total ada 17 AKD yang meliputi 13 Komisi, Badan Anggaran, Badan Akuntabilitas Keuangan Negara, Badan Urusan Rumah Tangga, Badan Kerjasama Antar Parlemen, Mahkamah Kehormatan Dewan, Badan Legislatif, dan Badan Aspirasi Masyarakat.

"Jadi sekarang pimpinan DPR akan maraton menetapkan 11 komisi. Karena Komisi XII dan XIII insyallah akan ditetapkan besok. Jadi sekarang 11 komisi dan badan-badan akan kita tetapkan pada hari ini," kata Puan.