Survei LSI: Elektabilitas Pramono-Rano Ungguli RK-Suswono

ERA.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil sigi terbaru terkait elektabilitas pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, pasangan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno alias Si Doel mengungguli pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono.

Elektabilitas Pramono-Rano mencapai 41,6 persen, disusul RK-Suswono 37,4 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 6,6 persen.

"Ketika responden ditanya kalau Pilkada DKI Jakarta diadakan hari ini, siapa yang akan ibu dan bapak pilih? Hasilnya Pramono-Rano unggul dengan elektabilitas paling tinggi, disusul tempat kedua Ridwan-Suswono dan tempat ketiga Dharma-Kun,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, saat merilis hasil survei LSI di Channel YouTube LSI Live, Rabu (23/10/2024).

Dengan hasil survei terkait Pilgub Jakarta 2024, Djayadi memprediksi pasangan Pramono-Rano dan RK-Suswono berpotensi masuk ke putaran kedua. Sebab, masih ada 14,5 persen responden yang belum menentukan pilihan.

"Jadi belum ada yang dapat 50 persen plus 1," katanya.

Namun, terbuka peluang Pilgub Jakarta 2024 berlangsung satu putaran apabila tren Pramono-Rano yang dalam satu bulan elektabilitasnya naik 13 persen terus berlanjut.

“Kalau naik lagi 13 persen pada November nanti maka bisa saja satu putaran bagi kemenangan Pramono Anung dan Rano Karno,” kata Djayadi.