Curi Waktu Bertemu Sekjen PLO di KTT BRICS, Menlu Sugiono Paparkan Tiga Hal Penting untuk Palestina

ERA.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Sugiono, melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh. Dalam pertemuan itu, Menlu Sugiono menegaskan komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina," kata Menlu Sugiono saat bertemu Sekjen PLO di sela-sela KTT BRICS Plus, dikutip Kamis (24/10/2024).

"Dukungan kepada Palestina ini juga disampaikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto saat pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 lalu," tambahnya.

Selain menegaskan kembali sikap Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan, Menlu Sugiono juga memaparkan tiga hal penting untuk mencapai kemerdekaan Palestina.

Menlu Sugiono menekankan kembali bahwa Indonesia mendorong gencatan senjata permanen dan upaya-upaya perdamaian lainnya menuju Solusi Dua Negara.

"Kedua, menegaskan kembali komitmen bantuan kemanusiaan RI kepada Palestina, baik secara bilateral, maupun melalui badan PBB seperti UNRWA dan ILO," katanya.

Lebih lanjut, Menlu Sugiono juga menegaskan kembali pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

"Pertemuan BRICS ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi sebagai kekuatan positif (positive force) untuk terus mengupayakan perdamaian di Palestina," tutupnya.