Detik-Detik Bus Wisata di Malaysia Tabrak Truk dari Belakang, Satu Turis Jepang Tewas

ERA.id - Seorang warga negara Jepang tewas setelah bus wisata yang ditumpanginya menabrak bagian belakang truk di Malaysia. Insiden ini juga melukai 12 orang lainnya.

Insiden mengetikan ini terjadi saat bus wisata tersebut sedang dalam perjalanan dari Penang ke Cameron Highlands, yang merupakan tempat wisata perkebunan teh populer di Malaysia.

"Seorang wanita berusia 70-an meninggal karena luka-lukanya," kata CEO agen perjalanan JTB, Eijiro Yamakita, dikutip Kyodo News, Jumat (25/10/2024).

Departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan Malaysia mengatakan bus itu membawa tiga pria dan delapan wanita dari Jepang, semuanya warga senior, serta seorang pengemudi bus dan seorang pemandu wisata lokal.

Dikatakan bahwa ke-13 korban dibawa dengan tandu dan dibawa ke rumah sakit setelah menerima perawatan awal di lokasi. Yamakaita menuturkan beberapa korban mengalami luka cukup serius, namun belum bisa memastikan kondisi mereka.

"Sebagai agen perjalanan, kami benar-benar menyesal atas kejadian ini dan menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya," ujarnya.

Berdasarkan foto yang beredar, bagian depan bus wisata itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Kaca bagian depan pecah dan sebagiannya ringsek akibat benturan.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka bekerja sama sepenuhnya dengan otoritas setempat dan kedutaan besar Jepang di Malaysia. Pihaknya juga telah mengirim staf dari kantornya di Kuala Lumpur serta dari Tokyo untuk memberikan dukungan bagi para penumpang dan keluarga mereka.

Lebih lanjut, Yamakita mengatakan bahwa bus tersebut disewa oleh operator tur lokal, dan bahwa bus tersebut memenuhi standar keselamatan JTB.