Adu Gagasan Soal Transportasi Kepulauan Seribu: Kun Masih Kaji, Rano Buat SPBU Terapung

ERA.id - Calon Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno mempertanyakan masalah transportasi dan air bersih di Pulau Seribu. "Bagaimana strategi anda untuk menyelesaikan masalah ini?" kata Rano dalam debat Pilkada Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Merespons hal ini, Calon Gubernur Jakarta Dharma Kun mengatakan malah menjawab masyarakat di Pulau Seribu bisa diberdayakan untuk menanam rumput laut. Rumput laut akan menghasil bio energi.

"Sehingga dari rumput laut tersebut kita dapat tambahan dana untuk desalisasi untuk mereka mendapatkan air minum. Desalisasi adalah satu teknologi untuk mengurangi kadar air untuk dikonsumsi. Dari hasil bio energi tadi yang juga merupakan program dari Pak Prabowo maka kami mendorong untuk mengadakan bio energi melalui pengembangan rumput laut," katanya.

Lalu Calon Wakil Gubernur Kun Wardana menjawab soal masalah transportasi. Ia sedang mengkaji agar transportasi bisa dibuat untuk kelancaran perekonomian di Pulau Seribu.

"Dan kami menginginkan adanya konektivitas internet di Kepulauan Seribu sehingga kesejahteraan dan kesetaraan itu bisa muncul yang saat ini memang penduduk di sana masih banyak di kalangan bawah," katanya.

Ia berharap konektivitas internet bisa membantu masyarakat dari sisi ekonomi, transportasi hingga perumahan.

Rano pun menanggapi jawaban lawannya. Ia malah mengampanyekan programnya lewat SPBU terapung di Kepulauan Seribu.

"Jadi bagaimana mereka bisa menggunakan alat transportasinya kalau solarnya tidak ada. Jadi barangkali itulah harapan mereka. Mudah-mudahan transportasi laut dan air bersih harus ada solusinya," kata Rano.

Dharma pun menjawab solusi masalah transportasi harus ada integrasi. Tak hanya untuk mengangkut manusia tapi juga mempermudah pengiriman logistik.

"Maka kita perlu membuat transportasi yang bukan saja di darat tapi di laut yang memudahkan warga dari Pulau Seribu untuk hilir mudik di Jakarta tanpa ada kendala lagi kalau perlu tiga kali sehari," katanya.