Pramono Tanya RK soal Disneyland: Sebetulnya Mau Dibangun di Cikarang atau Pulau Seribu?

ERA.id - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mempertanyakan soal pembangunan Disneyland kepada Cagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil. Dia mengaku bingung soal lokasi pembangunannya.

Hal itu disampaikan saat sesi tanya jawab antar palon dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024, di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Awalnya, Pramono mengatakan bahwa isu pembangunan Disneyland pernah dilontarkan Ridwan Kamil saat menjabat sebagai gubernur Jawa Barat. Ide yang sama kembali muncul ketika mengikuti Pilgub Jakarta 2024.

"Dulu pas 2018, Kang Emil pernah menyampaikan akan membangun Disneyland di Cikarang, sekarang Kang Emil ketika jadi calon gubernur di Jakarta menyampaikan akan membangun Disneyland di Pulau Seribu," katanya.

Mantan menteri sekretaris kabinet (menseskab) itu mengaku bingung dengan ide Ridwan Kamil. Sebab, ada dua tempat yang dijanjikan sebagai lokasi pembangunan Disneyland.

"Sebetulnya, (Disneyland) akan dibangun di Cikarang atau Pulau Seribu?" kata Pramono.

Sebelumnya, Calon Wakil Gubernur Jakarta, Suswono mengatakan akan menata Pulau Seribu menjadi Disneyland. Menurutnya, hal itu akan membuat Singapura ketar-ketir.

"Menata Pulau Seribu, jadi Pulau Seribu mungkin nanti ada Disneyland dan sebagainya itu akan wilayah-wilayah yang mungkin akan menarik. Nah ini, Singapura ini ketar-ketir," ujarnya dalam acara sosialisasi visi misi Cagub - Cawagub DKJ 2024, di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, dikutip Kamis (24/10)

Ia mengklaim program mereka akan membuat Singapura khawatir. Sebab hal ini akan membuat jumalh wisatawan ke negara tersebut berkurang. Wisatawan dinilai akan lebih tertarik mengunjungi Kepulauan Seribu.

"Ya ini kalau nanti Pak Ridwan Kamil benar-benar jadi mimpin Jakarta,  jangan-jangan nanti wisatawan Jakarta gak pada ke Singapura Sudah ada kekhawatiran itu," katanya.