Radiohead Tak Akan Hadiri Rock and Roll Hall of Fame

Los Angeles, era.id - Vokalis Radiohead Thom Yorke mengonfirmasi, ia tidak akan menghadiri upacara pelantikan bandnya di acara Rock and Roll Hall of Fame Maret mendatang.

Radiohead menjadi satu di antara tujuh band seperti Def Leppard, Stevie Nicks, Roxy Music, dan lainnya yang akan dilantik dalam acara tersebut pada tahun ini di Barclays Center di Brooklyn pada 29 Maret.

Yorke mengaku akan berada di Prancis, di mana sebuah karya yang digubahnya akan tayang perdana pada 7 April di Philharmonie de Paris.

"Saya tidak bisa. Saya tahu saya tidak bisa, karena karya piano yang saya tulis (untuk pianis Prancis Katia dan Marielle Labèque) ini. Ada acara Paris Philharmonic, jadi saya harus berada di sana untuk itu ... saya sudah memiliki jadwal," katanya

Padahal, acara tersebut digelar sembilan hari setelah Radiohead akan diberi penghormatan oleh Rock Hall di New York. Jelas sekali itu bukanlah alasan yang sesungguhnya. Yorke selalu tampak tidak terkesan dengan Rock and Roll Hall of Fame.

Kepada Variety, Kamis (10/1/2019), Yorke mengatakan ia dan teman-teman bandnya merasa sangat bosan tentang organisasi pemberi hadiah seperti Rock and Roll Hall of Fame.

"Jadi kami tidak ingin menyinggung siapapun. Kami hanya berpikir bahwa kami tidak cukup memahami penghargaan ini. Kami sudah menjelaskannya kepada diri kami sendiri," katanya. "Tapi kami tidak benar-benar memahaminya sebagai orang Inggris."

“Saya pikir masalah kami (Radiohead) pada dasarnya adalah setiap upacara penghargaan di Inggris itu bau. Kami tumbuh dengan Brit Awards, sejenis kecelakaan pengendara mabuk yang kamu tidak ingin terlibat di dalamnya,” katanya sambil tertawa. 

Sebelumnya, pada November 2017, Radiohead mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menghadiri upacara edisi 2018 saat mereka dinominasikan. Dan komentar terbaru Yorke tadi mencerminkan apa yang dikatakan dua rekan bandnya; Ed O'Brien dan Johnny Greenwood.

"Secara budaya kami tidak memahaminya. Ini hal yang sangat Amerika, Kami orang Inggris sangat buruk dalam merayakan diri kami," kata O'Brien.

"Mungkin ini sebuah budaya yang benar-benar tidak saya pahami. Maksud saya, dari luar ini nampak seperti...profesi yang cukup mementingkan diri sendiri. Dan itu hanya membuat saya merasa lebih tidak nyaman,” timpal Greenwood.

Tag: album musik