Indonesia Hadapi Persaingan Industri Global

This browser does not support the video element.

Jakarta, era.id - Indonesia merupakan salah satu negara industri terbesar di dunia. Negara yang diapit dua benua itu, menempati posisi kesembilan sebagai negara penghasil nilai tambah terbesar dari sektor Industri dan peringkat keempat dari segi persentase kontribusi industri.

Industri yang menjadi andalan Indonesia adalah pengolahan non-migas dengan cabang industri logam dasar, industri makanan dan minuman, industri mesin dan perlengkapan, serta industri alat dan transportasi.

Meski punya nama di mata dunia, ternyata masih banyak perbaikan untuk mencapai target tahun ini.

Perbaikan yang perlu dilakukan itu adalah peran aktif Indonesia dalam pengembangan industri ramah lingkungan. Sebab, Indonesia masih melakukan pengembangan kendaraan low cost emission carbon seperti mobil berbahan bakar listrik dan hibrida.

Di samping itu, Kementerian Perindustrian berencana mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi fasilitas pengurangan pajak untuk industri sektor padat karya yang berorientasi pada ekspor, dan juga memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan dengan membangun pusat pendidikan vokasi.

“Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama, bisa dihasilkan kebijakan nya. Kami sedang bahas dengan Badan Kebijakan Fiskal,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam rilis tertulisnya. 

Kemudian, di era digital ini, kesiapan teknologi dan efisiensi pasar tenaga kerja perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya saing global. Untuk itu, pemerintah menyiapkan program pendidikan vokasi yang sesuai dengan industri yang ada. Saat ini, sudah terdapat 35 lebih program studi termasuk program robotik.

Airlangga pun optimis terhadap industri nasional. Sebab, sektor-sektor yang bahkan mampu melebihi target pertumbuhan ekonomi yang masing-masing memberi kontribusi yang besar terhadap produk domestik bruto (PDB).

“Kalau digabung dengan turunannya, tentu kontribusinya lebih dari 30 persen, dari segi penyerapan tenaga kerja, ada pertumbuhan mendekati 1,5 juta orang yang terjadi pada tahun 2016-2017,” tambahnya.

Setiap upaya tersebut dilakukan bukan hanya untuk meningkatkan daya saing industri secara global namun juga agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkualitas dan berkesinambungan.

Selain pencapaian soal perindustrian, tim era.id juga merangkum soal pencapaian pemerintah untuk masalah lain. Salah satunya soal pembangunan jalan tol. Simak nih, video yang dirangkum oleh tim era.id:

Tag: