Menpora Nyanyikan Indonesia Raya Sebelum Nonton Keluarga Cemara 

Jakarta, era.id - Surat imbauan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang aktivitas menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop beredar, Kamis (31/1/2019) sore. Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi era.id.

"Ya. Betul, tetapi ini hanya imbauan. Boleh ya, boleh tidak dilaksanakan," kata Gatot.

Setelah mengeluarkan Surat Imbauan Nomor:1.30.1/MENPORA/I/2019 tersebut Menpora Imam Nahrawi langsung menerapkannya saat menonton film Keluarga Cemara di Studio 01 Djakarta Theater XXI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Dinukil dari kemenpora.go.id, Menpora mengajak seluruh penonton--salah satunya artis Nirina Zubir yang berperan menjadi Emak dalam film tersebut--menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film dimulai.  

Menpora memiliki alasan kuat untuk mengeluarkan surat yang mengajak para penonton bioskop untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Yakni dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan

generasi muda yang bangga serta cinta Tanah Air.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta Tanah Air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya pemutaran film. Demikian imbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih," tulis Menpora dalam surat tersebut.   

Menyanyikan lagu kebangsaan sebuah negara sebelum menonton di bioskop sebelumnya dilakukan di India. Seperti dikutip dari Reuters, keputusan itu disampaikan Pengadilan Tinggi di India pada 30 November 2016 silam dan sudah melalui persetujuan Perdana Menteri Narendra Modi.

Sama halnya dengan alasan Menpora, diputarnya lagu kebangsaan di bioskop itu juga demi memacu nasionalisme masyarakat India. Tidak hanya mengumandangkan lagu kebangsaan yang akan membakar nasionalisme, selama itu diperdengarkan, gambar bendera India pun dipajang di layar lebar. 

 

Tag: hari film nasional 2018