Gempa Goyang Sulbar, Tidak Berpotensi Tsunami

Makassar, era.id - Gempa tektonik berkekuatan 4,9 magnitudo menggoyang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG Makassar mencatat gempa terjadi sekitar pukul 12:23 WITA di wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini terletak pada koordinat 2.96 LS dan 118.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 Km Barat Daya Kec. Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 8 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter," kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman di Makassar, Sulsel, Rabu (6/2/2019).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan dirasakan di Mamuju, Majene, Wonomulyo, Polewali, Kalukku dan Campalagian.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," tambah Joharman.

Tag: gempa bencana alam