Prabowo: Pemerintah Harus Tingkatkan Investasi di Kesehatan

Jakarta, era.id - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto bilang, negara yang maju bisa dilihat karena punya porsi investasi yang besar di bidang kesehatan dan pendidikan.

"Kalau kita lihat negara-negara yang paling kaya dan paling berhasil di dunia, itu mungkin porsi terbesar daripada investasi pemerintahnya, selain bidang pendidikan juga di bidang kesehatan," kata Prabowo dalam acara silaturahmi bersama komunitas kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan, negara yang berhasil diukur dari sejauh mana pelayanan kesehatan kepada rakyatnya. Menurutnya, layanan kesehatan yang baik merupakan simbol demokrasi di negara tersebut berjalan. Apalagi, ini bagian dari kedaulatan rakyat dan bagian dari kemerdekaan.

Prabowo menilai, masalah kesehatan merupakan masalah yang sangat penting dalam perjalanan peradaban manusia. Hal itu, karena kesehatan menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Insting utama makhluk manusia hidup adalah the insting to survive. Karena itu, setiap peradaban selalu menempatkan masalah kesehatan, sebagai masalah utama dalam peradaban," tuturnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, pelayanan kesehatan dimulai dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. "Insting to survive setelah warganya aman, warganya bisa punya air bersih, warganya bisa makan kemudian warganya harus punya pelayanan kesehatan yang memadai, ini adalah kebutuhan peradaban," imbuh dia.

Tujuh komunitas kesehatan itu yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Tag: kesehatan prabowo subianto