Distribusi Surat Suara Kota Tangerang Terhambat

Tangerang, era.id - Tinggal satu bulan lebih sedikit, penyelenggaraan Pemilu 2019 bakal digelar. Tapi, pendistribusian surat suara di Kota Tangerang nyatanya mengalami keterlambatan.

Parahnya, enggak ada pemberitahuan ihwal keterlambatan ini. Padahal, menurut Kepala Divisi Data KPU Kota Tangerang, Subhan, surat suara harusnya sudah tiba hari ini.

"Surat suara itu dari informasi yang kami peroleh seharusnya hari ini (Selasa) tiba, tapi ada perubahan jadwal menjadi esok tibanya. Kami belum tahu kenapa hal tersebut terjadi," katanya, Selasa (5/3/2019).

Subhan bilang, KPU Kota Tangerang telah melakukan distribusi logistik untuk Pilpres 2019 berupa kotak suara pada Minggu (4/3) kemarin.

"Di sini ada dua gudang. Ada di wilayah Batuceper dan juga Larangan."

Dia bilang, persiapan dua gudang ini untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan pada pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang. 

"Kan kalau kotak suara itu dilipat juga jadi kemarin baru didistribusi. Kenapa kita siapkan dua gudang? Karena untuk mengantisipasi kesalahan daerah pemilihan (dapil). Jadi, Dapil 1 untuk wilayah barat dan Dapil 2 untuk wilayah timur."

Soal pelipatan surat suara, Subhan mengaku belum dapat memastikan waktu pelipatan surat suaranya. Dalam proses pelipatan surat suara sendiri, kata Subhan, pihaknya akan melibatkan warga sekitar gudang penyimpanan untuk membantu proses pelipatan.

"Untuk pelipatan surat suara itu biasanya kita siapkan 200 orang tenaga pekerja di gudang satu, kemudian 200 di gudang kedua dengan pengawasan yang ketat dari petugas KPU."

Informasi yang dihimpun era.id, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangerang berjumlah 1.194.190 yang terbagi dari 597.456 DPT berjenis kelamin laki-laki dan 596.734 perempuan. DPT tersebut pun tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang dan 104 Kelurahan dengan total 5.102 TPS.

Tag: pemilu 2019 kpu