Tinggal Seminggu Lagi, Moderator Debat Keempat Belum Ada

Jakarta, era.id - Seminggu jelang debat keempat antar calon presiden Pemilu 2019, nama moderator belum juga diputuskan. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, sampai saat ini belum ada titik temu antara kubu paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subainto-Sandiaga Uno. 

"Berdasarkan peraturan perundang-undangan terkait penentuan moderator, itu harus disepakati oleh pihak 01 dan 02. Sampai hari ini, belum ada titik temu kesepakatan antara pihak 01 dan 02 terkait moderator debat keempat," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Jangka waktu penentuan moderator yang akan memandu jalannya debat keempat ini cukup terbilang mepet. Kalau membandingkan di debat ketiga kemarin, moderatornya sudah ditentukan tiga minggu sebelum debat dilaksanakan. KPU berharap penunjukan moderator ini segera diputuskan.

"Kita memutuskan hari Senin akan mengadakan rapat lanjutan untuk memutuskan moderator debat keempat," ucap Wahyu.

Untuk kamu tahu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyodorkan empat nama kandidat moderator debat keempat. Mereka mengusulkan nama Reza Ramadhansyah dan Zulfikar Naghi dari Emtek Group, serta Kania Sutisnawinata dan Aviani Malik dari Metro TV.

"Ini usulan dari TKN 01 yang tentunya dalam rapat berikutnya akan diputuskan secara bersama-sama kembali antara KPU, BPN 02 dan TKN," Kata direktur Program TKN Aria Bima. 

Kriteria moderator yang TKN mau, lanjut Aria, harus mencakup elemen jurnalis senior dan junior. "Kita pengen kayak (moderator debat ketiga) Alfito sama Putri kemarin, itu saling melengkapi. Kita ingin terus ada konfigurasi itu, ada senoritas ada juniornya," ucapnya. 

Sementara itu, sampai tulisan ini dibuat, kami belum mendapat info nama-nama moderator yang diusulkan oleh kubu paslon 02. Wahyu cuma bilang kalau total ada 9 nama moderator yang diusulkan, sebanyak 4 nama usulan TKN dan 5 nama usulan BPN. 

Supaya kalian tahu, Debat keempat yang digelar di Hotel Shangri-La ini diselenggarakan oleh Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Debat ini membahas tema soal Ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Tag: kpu pemilu 2019 pilpres 2019