Diam-Diam Jokowi Hadiri Rakornas PDIP

Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Rakernas IV PDI Perjuangan yang digelar hari ini di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Sekitar pukul 13.00 WIB, rombongan Presiden Jokowi terpantau meninggalkan area kantor partai berlambang banteng moncong putih tersebut. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak memberikan keterangan apapun kepada awak media soal kehadirannya dalam acara yang digelar tertutup ini.

Acara Rakernas IV ini memang dilaksanakan secara tertutup karena membahas persiapan internal menjelang Kongres V PDI Perjuangan yang digelar pada Agustus 2019 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Mohon maaf kepada teman-teman pers, mengingat Rakernas IV lebih banyak membahas agenda internal partai, maka rakernas bersifat tertutup," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Hasto bilang, Rakernas IV yang digelar tertutup ini sama seperti Rakernas III di Bali yang saat itu mengambil keputusan untuk kembali mencalonkan Jokowi sebagai capres di Pilpres 2019. 

Tak hanya itu, Hasto menyebut, butuh ketenangan dan suasana khusus bagi PDIP untuk merumuskan agenda strategis internal partai ini ke depan. Sehingga acara ini dilaksanakan secara tertutup.

Dalam Rakernas IV ini, PDIP juga bakal merumuskan tanggung jawab partai dalam melaksanakan amanat rakyat yang telah memberikan kepercayaan kepada PDIP dan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019.

"Kami tidak menanggapi kemenangan dengan euforia. Kami bersyukur dipercaya kembali oleh rakyat. Kami bertanggung jawab menggunakan besarnya dukungan rakyat tersebut di dalam membangun masa depan bangsa secara bersama-sama dengan cara gotong royong dengan seluruh komponen bangsa," ungkap Hasto.

Ke depan, Rakernas IV yang diselenggarakan sejak pagi tadi adalah rangkaian menuju Kongres V PDIP di Bali pada 8 Agustus mendatang. "Partai secara khusus mempersiapkan konsolidasi Partai dalam rangka pelaksanaan Kongres V yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Bali," tutupnya.

Tag: rakernas pdip sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto jokowi