Anies Perpanjang Lawatannya ke Luar Negeri Sehari

Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan rencana kepulangannya yang seharusnya pulang pada hari ini. Ia menambah satu hari dalam lawatannya di Amerika Serikat. 

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhammad Mawardi bilang Anies memiliki agenda tambahan. Surat penambahan agenda tersebut juga sudah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri. 

"Baru kita kirim suratnya tadi pagi (ke Kemendagri), karena kan baru terinformasi kan kemarin bahwa ada agenda tambahan," kata Mawardi saat dihubungi, Kamis (18/7/2019).

Dalam agenda lanjutan ini, kata Mawardi, Anies bertemu dengan Deputy Director of Poeverty, Health, and Nutrition Division, International food policy research (IFPR), Daniel Gilligan di Washington DC. 

"Mereka membicarakan kebijakan upaya mengentaskan kemiskinan, peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program kesehatan, ketahanan pangan dan pendidikan," kata dia. 

Nah, karena ada agenda tambahan itu tiket kepulangannya harus dijadwalkan ulang. Kendati demikian, Mawardi bilang setibanya Anies di Jakarta, orang nomor satu di DKI itu akan langsung kembali bekerja. 

"Besok, insya Allah besok, langsung karena tibanya pagi, jam 07.00. Biasanya langsung (kerja), Pak Gubernur kan kalau ini langsung," tuturnya.

Sebelumnya, Anies terbang ke Kolombia untuk menghadiri acara World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) sejak 9 Juli lalu. Setelah itu Anies dikabarkan tak langsung pulang, melainkan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat. 

Di sana, Anies hadir sebagai menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon. Forum ini merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman Amerika Serikat tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang Amerika Serikat, dan memperkuat hubungan di antara kedua negara dan penduduknya.

Jika mengacu pada jadwal lawatannya, Anies mestinya telah kembali pulang ke Jakarta pada hari ini, 18 Juli. Namun, karena ada agenda tambahannya itu, Anies menambah satu hari lagi kunjungannya. 

 

Tag: pemprov dki jakarta