Apresiasi Anies untuk Komitmen Umat Kristiani dan Gereja Immanuel

Jakarta, era.id - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, umat Kristiani di Jakarta komitmen merawat dan menjaga keutuhan serta aktivitas jemaat Gereja Immanuel. 

Dia mengatakan itu saat menghadiri peringatan 180 tahun berdirinya Gedung Gereja Immanuel Jakarta, Sabtu (24/8). Saat ke sana, Anies ditemani sejumlah pejabat, baik dari Pemprov DKI Jakarta hingga kementerian terkait, serta organisasi masyarakat terkait.

"Saya berharap peringatan 180 tahun ini menggariskan komitmen untuk terus merawat bangunan untuk generasi masa depan kita agar mereka dapat menggunakannya sebagaimana hari umat kristiani menggunakan gereja ini,” ucapnya dilansir ppid.jakarta.go.id

Dia kagum akan lestarinya bangunan Gereja Immanuel yang sudah berumur 180 tahun. Sebab, gereja yang berdiri 24 Agustus 1839 itu hingga sekarang dan masih terawat dengan sangat baik. 

Gereja yang berlokasi di seberang Stasiun Gambir itu salah satu gereja tertua di Nusantara. Di dalamnya tersimpan sebuah orgal, ini merupakan satu dari tiga orgal tertua di dunia.

"Saya merasa bersyukur sore hari ini kita berada di tempat yang bersejarah, 180 tahun adalah usia yang melampaui usia umumnya jasad manusia. Bangunan ini sudah melaluinya, dia menjadi saksi perjalanan kemanusiaan yg ada di Jakarta ini," ujar dia.

Anies mengapresiasi kepada seluruh umat Kristiani yang merawat dan menjaga Gereja Immanuel selama 180 tahun, semenjak Jakarta bernama Batavia.

"Izinkan saya menyampaikan bahwa bangsa kita harus berpikir dalam jangka panjang. Karena itu, kami mengapresiasi generasi sebelumnya yang merawat dan menjaga dalam durasi 180 tahun," tambahnya.

Dia pun berkomitmen mendukung kegiatan dan perawatan Gereja Immanuel karean gereja tersebut merupakan simbol dari umat kristiani di Jakarta.

"Kami berkomitmen di Pemprov DKI terus mendukung kegiatan gereja Immanuel, karena gereja ini adalah salah satu simbol juga umat di Jakarta. Dan izinkan saya menyampaikan terima kasih, sebuah perayaan sederhana namun maknanya mendalam. Selamat merayakan 180 tahun dan semoga Tuhan selalu memberkati kita semua," kata Anies.

Tag: pemprov dki jakarta