Kantor Majelis Rakyat Papua Dibakar

Jayapura, era.id - Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Kotaraja, Distrik Abepura, Papua, dibakar massa yang sedang melakukan aksi demo menolak rasisme. Saat ini massa sedang berjalan kaki ke arah Jayapura.

Dilansir Antara, Kamis (29/8/2019), anggota Majelis Rakyat Papua Ustaz Tony Wanggai membenarkan informasi ini. 

"Memang benar kantor MRP dibakar, Kamis (29/8) sekitar pukul 14.00 WIT oleh para pendemo," kata Toni Wanggai.

Dia mengatakan, saat ini seluruh anggota MRP tidak berada di lokasi. Mereka sedang berada di luar Papua melakukan kunjungan kerja.

Di antaranya, ada yang ke Makassar, Denpasar, Yogyakarta dan Manado untuk melihat langsung kondisi mahasiswa asal Papua yang sedang kuliah. Sementara, Toni sedang berada di Makassar.

Selain melihat mahasiswa, anggota MRP juga bertemu dengan Forkopimda untuk meminta jaminan keamanan bagi mahasiswa asal Papua serta penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan rasisme dan persekusi. 

Dari pantauan Antara, situasi kota Jayapura dan sekitarnya tampak mencekam. Aktifitas masyarakat lumpuh total. Para pendemo yang berjumlah sekitar ribuan orang melakukan aksi pengrusakan dan pembakaran di sepanjang jalan yang dilewatinya. Bahkan jaringan telepon saat ini sudah tidak bisa lagi digunakan.

Tak hanya di Kotaraja, aksi seperti ini juga di kawasan Expo, Waena, Jayapura, Papua. Aksi sempat anarkis sehingga polisi melempar gas air mata.

Bahkan massa merusak mobil dinas milik Dandim Jayapura. Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf Johanes Parinusa kepada Antara membenarkan kendaraan dinas yang ditumpanginya dirusak massa saat hendak memantau kegiatan para pedemo di kawasan Expo, Waena.

Tag: kkb papua