Alibaba Masih Percaya dengan Manchester United
Kesepakatan tersebut memungkinkan MU punya akses kepada ratusan juta pengguna platform e-dagang milik Alibaba itu. Sebaliknya, Alibaba juga punya hak eksklusif pertandingan dan konten penyiaran lainnya dari MU yang memiliki banyak penggemar di China dan Asia.
MU akan menjual berbagai merchandise di Tmall, platform dagang yang dikelola oleh Alibaba, seperti dilansir dari media resmi China, yang dikutip melalui Antara, Jumat (13/12/2019).
"Kami merasa terhormat atas loyalitas dari seluruh dunia dan para penggemar kami di China yang banyak ini," kata Direktur Utama Manchester United Group Richard Arnold.
"Kami selalu mencari hal-hal baru untuk melibatkan fans agar bisa terkoneksi secara langsung dengan klub melalui platform video streaming yang sangat populer di China dalam kemitraan kami dengan Alibaba. Kami bekerja sama dengan Alibaba untuk membantu meningkatkan pertumbuhan fans kami di China dan meningkatkan kerja sama di bidang lainnya pada masa-masa mendatang," ujarnya sebagaimana dikutip China Daily.
Pertandingan-pertandingan pilihan dan konten lainnya akan disiarkan di Youku, platform video daring semacam Youtube di China. Kanal tersebut akan berisikan aktivitas di akademi sepak bola, pertandingan persahabatan klub putri, dan pertandingan klup papan atas yang lebih spesifik sesuai permintaan.
Pada bulan Maret lalu, Youku menandatangani kerja sama dengan klub Liga Inggris lainnya, Wolverhampton Wanderers, yang dimiliki oleh konglomerat China Fosun.
Saat ini persaingan video daring di China makin ketat dengan pemain utama Youku, Tencent Video, dan iQiyi. Youku telah berinvestasi besar-besaran di konten olahraga untuk meningkatkan jumlah penonton. Sebelumnya Youku telah menjalin kerja sama penyiaran Piala Dunia, FA Cup, Liga Inggris dan NFL.