Berbagai Tudingan Amerika ke China Soal Korona

Jakarta,era.id - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menuduh China sebagai 'biang kerok' pandemi virus korona baru di seluruh dunia.

Trump bilang, harusnya virus yang berasal dari Wuhan, China itu bisa dicegah lebih dini asal pemerintah China lebih sadar akan bahayanya virus yang disebabkan oleh hewan liar itu.

"Bisa saja dihentikan di China sebelum dimulai, tetapi tidak. Sekarang untuk seluruh dunia menderita karenanya" ujar Presiden berusia 73 itu seperti dikutip dari AFP, Senin (20/4/2020).

Secara tersirat, Trump mengungkapkan akan melakukan penyelidikan soal asal muasal virus tersebut, apakah alami atau buatan.

"Apakah itu kesalahan yang lepas kendali atau dilakukan sengaja. Itu perbedaan besar antara keduanya. Dalam dua kemungkinan itu, mereka seharusnya melibatkan kami. Kami meminta terlibat sejak awal, tetapi mereka tidak menginginkannya. Kurasa mereka tahu itu sesuatu yang buruk dan mereka malu" ujar Trump.

Presiden Amerika Serikat ke-45 itu juga menyebut China bertanggung jawab terhadap pandemi COVID-19 di seluruh dunia. "Tetapi bila mereka sadar untuk bertanggung jawab ya, maka harus ada konsekuensi," lanjutnya.

Pemerintah Trump sebelumnya menuding virus SARS-CoV-2 memang sudah didesain dari sebuah laboratorium yang diklaim meneliti kelelawar di Wuhan.

Seperti yang diketahui, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menolak tudingan dan menyatakan tidak ada dasar ilmiah. Zhao balik menuduh militer AS yang telah membawa COVID-19 ke China.

 

Tag: memukau amerika serikat