Pelan-Pelan, Ada Sapi Liar di Pinggir Jalan

ERA.id - Masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya perlu perlu lebih waspada saat melintas di jalan lintas pantai barat Aceh. Baik siang atau malam hari, mereka harus mewaspadai apakah ada kawanan sapi di pinggir jalan tersebut.

Imbauan ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Aceh Jaya AKP Magdinal Frans mengingat banyak terjadi kecelakaan di Aceh Jaya yang melibatkan sapi ternak.

"Kami imbau masyarakat yang melakukan perjalanan baik pada siang atau malam hari, agar berhati-hati dengan keberadaan ternak sapi di jalan raya," kata AKP Frans, Jumat (31/7/2020) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, selama ini kecelakaan pengguna jalan di kawasan tersebut disebabkan oleh kawanan ternak sapi yang berkerumun di jalan raya. Tak jarang juga sapi secara tiba-tiba nyelonong melintasi jalan sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Agar peristiwa tersebut tidak lagi terulang, Satuan Lalulintas Polres Aceh Jaya kini terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Saat ini sudah terdapat papan imbauan atau spanduk di sejumlah lokasi. Tujuannya, pengguna jalan provinsi di kawasan Kabupaten Aceh Jaya tidak menggeber kendaraan melebihi batas kecepatan seperti tertulis di rambu-rambu badan jalan.

“Kami terus berupaya menurunkan angka kecelakaan di Aceh Jaya, karena keselamatan pengguna jalan lebih utama,” kata AKP Magdinal Frans.

Hingga Juli 2020, kata AKP Frans, angka kecelakaan di Aceh Jaya mencapai sekitar 40ann kasus. Sebagian besar di antaranya terjadi akibat kecelakaan tunggal serta beberapa diantaranya disebabkan oleh ternak.