Tammy Duckworth Bakal Cawapres Amerika Serikat yang Pernah Sekolah di Jakarta

ERA.id - Nama Tammy Duckworth tengah digadang-gadang sebagai bakal wakil calon presiden Joe Biden dalam Pemilu Amerika Serikat (AS).

Dia adalah seorang politikus Partai Demokrat dan mantan Veteran Perang Irak, yang menjabat sebagai Senator AS sejak 2017. Wanita berusia 52 tahun itu juga mantan Asisten Sekretaris Departemen Urusan Veteran AS yang termasuk di antara segelintir wanita yang menerbangkan misi tempur selama Operasi Pembebasan Irak pada tahun 2004. 

Akibat perang, ia kehilangan kedua kakinya dan kini menggunakan kaki palsu dan kursi roda. Duckworth adalah anak perempuan dari seorang ayah Amerika dan ibu Thailand. Ia adalah perempuan keturunan Thailand pertama yang terpilih sebagai anggota Kongres penyandang disabilitas serta senator yang melahirkan saat menjabat pada tahun 2018.

Selain bahasa Inggris, wanita berusia 52 tahun ini juga fasih berbahasa Thailand dan Indonesia. Duckworth sempat bersekolah di Singapore American School, International School Bangkok dan Jakarta Intercultural School (kemudian dikenal sebagai Jakarta International School) karena sang ayah adalah staf PBB yang sering berkeliling wilayah Asia Tenggara.

Tammy Duckworth mengaku pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta selama 7 tahun dan bersekolah SD hingga SMA di JIS. Dia mahir berbahasa Indonesia dan tentu saja bahasa Thailand.

“Saya lancar berbahasa Indonesia. Sebelum bicara dalam bahasa Inggris, saya bicara dalam bahasa Thailand,” katanya seperti dikutip Asia Nikkei, Selasa (11/8/2020).

Menurut catatan biografinya, senator Amerika ini pernah sekolah di Jakarta International School (JIS) yang saat ini berganti nama menjadi Jakarta Intercultural School.

Akun media sosial JIS juga menampilkan sebuah cuplikan video kiriman Tammy bertanggal 10 Maret 2019 untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

“Selamat Hari Perempuan Internasional. Perempuan bersatu!” katanya dalam dalam bahasa Indonesia.