Penampakan Makhluk-Makhluk 'Aneh' Penghuni Laut Antartika

ERA.id - Mahkluk langka yang sebelumnya diketahui telah memfosil ternyata hidup, beberapa dalam ukuran raksasa, di bawah bongkahan es kawasan Antartika.

Dalam video dokumenter yang diunggah kanal Youtube TRACKS, ditampilkan satu tim peneliti berisi 44 saintis dari berbagai negara yang menjelajahi Samudera Antartika selama 50 hari penuh.

Dalam video tersebut, Dr Dave Bowden menunjukkan sejumlah makhluk lautan yang berukuran jauh lebih besar dibandingkan makhluk sejenisnya. Contohnya adalah hewan yang dinamai krinoid, sejenis bulu babi, yang ia temukan di gunung laut di sebelah utara kawasan Ross sea. Krinoid sebelumnya diketahui telah memfosil. "Kami belum pernah menemukan makhluk semacam ini dalam kondisi hidup di dasar laut," kata dia.

Binatang langka yang ditemukan di dasar laut Antartika. (Mission Antarctica)

Selain itu, para peneliti juga menemukan laba-laba yang memiliki kaki luar biasa besar, namun, dengan tubuh kecil. Binatang ini sama uniknya dengan temuan hewan berbadan milik spons yang tidak memiliki sistem syaraf atau sistem pencernaan, serta mendapatkan nutrisi dengan menyaring air laut menggunakan pori-pori tubuh mereka.

Binatang langka yang ditemukan di dasar laut Antartika. (Mission Antarctica)

Seperti dikutip Daily Star, Dr Bowden berpendapat bahwa karakteristik yang aneh dari hewan-hewan tersebut dipengaruhi oleh lokasi Antartika.

"Alasannya adalah bahwa palung benua Antartika telah terisolasi dari kawasan lain di Bumi selama bertahun-tahun," kata dia.

"Pernah ada debat tentang apakah Antartika membuat hewan ini menjadi berukuran lebih besar, atau keturunan hewan-hewan ini berevolusi menjadi besar khusus di Antartika dan tidak ditemukan di tempat lain."