Spanduk Protes di Kantor Pertamina

Jakarta, era.id - Ada yang berbeda di depan pintu masuk Kantor Pusat Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat. Sebuah spanduk bernada protes terpasang di atas gerbang. Tidak ada yang tahu kapan spanduk itu terpasang.

Dilihat era.id, spanduk bertuliskan "Tolak SK 039: Selamatkan PERTAMINA!!! Dari Penjarahan yang Terstruktur dan Semena-Mena" itu ada persis di depan pintu masuk kantor pusat Pertamina. Jika merujuk pada spanduk itu, dugaan kuat si pemasang terafiliasi dengan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB). Nama terakhir ini tertulis di sebelah kanan spanduk.

"Saya enggak lihat siapa yang pasang, tahu-tahu sudah ada," kata salah seorang petugas keamanan kantor pusat Pertamina, Rabu (21/2/2018).

Sebelumnya, Serikat Pekerja Pertamina pernah menyinggung soal terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN Nomor 039/MBU/02/2018. SK yang telah diperbaharui itu dinilai melanggar efisiensi seperti yang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo di awal masa pemerintahannya.

Mereka juga mengkritisi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno yang dinilai sering melakukan pergantian jajaran pejabat Pertamina. Penambahan direksi di Pertamina menyebabkan anggaran jadi menggemuk dan tidak lagi sesuai dengan arahan presiden.

SK tersebut menjadi dasar perubahan nomenklatur Direktur Pemasaran menjadi Direktur Pemasaran Ritel. Selain itu, menetapkan Penambahan nomenklatur Direktur Pemasaran Korporat dan Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur. Serta, meniadakan Direktur Gas. 

Tag: