Berulang Tahun, Ini 4 Fakta Perjalanan Karier Suga BTS

ERA.id - Suga BTS genap berusia 28 tahun (29 hitungan usia Korea) tepat pada hari ini, Selasa (9/3/2021). Sebagai salah satu member dari boy grup terpopuler dunia saat ini, Suga sudah cukup dikenal secara luas baik di Korea maupun global.

Menjalani karier bermusiknya selama hampir delapan tahun, Suga tentu saja sudah melewati suka duka dalam membangun kariernya hingga saat ini. Inilah beberapa fakta perjalanan karier Suga BTS yang wajib kamu tahu.

1. Awal mula Suga jatuh cinta dengan musik

Suga jatuh cinta pada dunia musik setelah ia mendengarkan lagu “Ragga Muffin” oleh Stony Skunk dan mengatakan bahwa lagu ini berbeda dengan lagu yang sudah ia dengar sebelumnya. Keputusan Suga untuk menjadi seorang rapper diambilnya setelah mendengar lagu-lagu dari grup musik Epik High.

Pada usianya yang ke-13 tahun, Suga mulai memperlajari bagaimana cara menulis lirik dan menggubah sebuah lagu. Ia mulai bekerja paruh waktu di studio rekaman dan bergabung dalam komunitas underground rapper yang bernama Gloss.

Suga BTS (@suga_bighitentertainment)

2. Menjalani trainee sebagai seorang produser musik

Meski saat ini terkenal sebagai seorang rapper dan member dari boy grup BTS, nyatanya Suga mengawali kariernya dengan trainee sebagai seorang produser musik. Ia trainee di agensi Big Hit Entertainment selama tiga tahun.

Suga menjalani masa traineenya bersama J-Hope dan RM, dan akhirnya ia pun debut sebagai member BTS pada tahun 2013.

3. Tetap aktif sebagai produser musik

Walau sudah menjadi member dari BTS, Suga tetap menjalani hobi utamanya yaitu menciptakan lagu. Bersama beberapa rekan satu grupnya, Suga kerap menciptakan lagu untuk lagu-lagu BTS.

Tak cuman untuk BTS, idol bernama asli Min Yoong Gi ini juga sering memproduseri lagu untuk musisi lain. Seperti lagu “Eternal Sunshine” milik Epik High, hingga lagu kolaborasinya dengan IU yang berjudul “Eight”. Dengan lagu-lagu ciptaannya, Suga saat ini sudah menjadi anggota tetap dalam KOMCA atau Korea Music Copyright Association.

3. Solois yang sukses

Selain sebagai anggota BTS, Suga juga berkarier sebagai solois dengan menggunakan nama panggung August D. Sebagai solois, Suga sudah merilis dua mini album.

Album terakhir yang ia rilis adalah album bertajuk D-2, pada Mei 2020 lalu. Album ini berisi lagu utama yang berjudul “Daechwita”. Lagu tersebut berhasil menempati posisi ke-11 dalam chart Billboard 200, dan membuat Suga menjadi artis solo Korea pertama yang meraih peringkat setinggi itu.

Itulah beberapa fakta perjalanan karier dari Suga BTS. Happy birthday, Suga!