Review Film Greenland: Perjuangan Bertahan Hidup di Tengah Jatuhnya Komet ke Bumi

ERA.id - Greenland merupakan film yang mengangkat tema tentang bencana alam, di mana sebuah keluarga berjuang untuk menyelamatkan diri ketika komet menghantam bumi. Film ini disutradarai oleh Ric Roman Waugh dan untuk naskahnya ditulis oleh Chris Sparling.

Di Indonesia, film Greenland  resmi dirilis pada 10 Maret 2021 lalu. Pada special screening yang diadakan bersama awak media di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (6/3/2021) dihadiri oleh Himpunan Astronomi Amatir Jakarta. Kehadiran himpunan ini karena film Greenland  memiliki tema utama yang membahas tentang bencana alam yang terjadi akibat jatuhnya benda langit, yaitu komet. Dalam talkshow singkat, perwakilan himpunan tersebut menjelaskan berbagai hal menarik seputar komet dan bagaimana dampak yang ditimbulkan pada bumi jika kejatuhan komet.

Film ini bercerita tentang John Garitty (Gerard Butler) yang bekerja sebagai seorang arsitek, tinggal di Atlanta Georgia. Ia sedang mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan istrinya Allison (Morena Baccarin) yang sudah meminta berpisah dengannya.

Sinopsis

John pulang ke rumahnya untuk merayakan ulang tahun anaknya Nathan (David Denman) yang menderita diabetes. Untuk merayakan ulang tahunnya, Nathan mengundang para tetangga dan teman-temannya. Sambil mempersiapkan pesta ulang tahun, mereka juga menyaksikan berita mengenai komet yang akan melintas.

Saat John dan Nathan berbelanja untuk persiapan pesta, John menerima panggilan khusus dari negara yang memintanya untuk mengungsi ke tempat yang sudah disediakan yaitu Greenland. Ternyata komet tidak hanya melintas, namun akan jatuh menghujam bumi. John beserta istri dan anaknya adalah orang terpilih untuk dievakuasi.

Namun meski sudah terpilih mereka tidak bisa ikut ke tempat pengungsian karena Nathan yang menderita penyakit kronis tidak diperbolehkan untuk terbang jauh dengan pesawat. Dari sinilah perjuangan John dan keluarga kecilnya untuk bertahan hidup dan menyelamatkan diri pergi ke Greenland dimulai.

Tema bencana alam yang hanya sebagai pelengkap

Jika kamu merupakan penggemar film yang benar-benar mengulas tentang tema bencana alam, mungkin Greenland bukanlah termasuk film yang akan kamu sukai. Meski dikatakan tema bencana alam dengan mengangkat tentang komet jatuh, nyatanya hal itu hanyalah sebagai pelengkap bahkan seperti bumbu dalam film.

Penjelasan mengenai jatuhnya komet dan apa saja jenisnya itu tidak terlalu dijabarkan secara mendetail. Namun meski begitu, efek-efek sound dan visual pada film ini cukup mampu menggambarkan ketegangan ketika komet jatuh ke bumi.

Mengedepankan kisah perjuangan keluarga John untuk bertahan hidup

Film ini memang lebih mengedepankan cerita perjuangan John dan keluarga kecilnya untuk bertahan hidup di tengah ancaman terjangan komet yang mematikan. Usaha yang mereka lakukan untuk tetap hidup dan tetap bersama menjadi inti utama cerita film ini.

Melalui perjuangan inilah kesadaran bahwa kebersamaan dengan keluarga itu sangatlah penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Secara keseluruhan, Greenland  dikatakan sebagai film tema bencana alam yang berat, namun sebenarnya ceritanya cukup sederhana yaitu mengenai perjuangan keluarga untuk bertahan hidup.

Mengangkat sisi kemanusian

Pada sinopsis film ini memang diceritakan bahwa orang-orang terpilihlah yang bisa ikut dievakuasi ke Greenland. Dari hal ini menjabarkan cerita mengenai diskriminasi yang memang sudah melekat di kehidupan masyarakat dunia saat ini.

Lebih lanjut, film ini juga membahas untuk menyelematkan diri masing-masing manusia tega untuk menyakiti bahkan membunuh orang lain. Penjabaran cerita-cerita kecil namun menarik ini di film Greenland seperti bertujuan untuk menunjukkan sisi manusia saat ini.

Nah, itulah review untuk film Greenland . Jika kamu ingin menyaksikan film ini, saksikan langsung tayangannya di bioskop kesayangan anda. Selamat menonton!