Kualitas Tidur Ternyata Pengaruhi Tingkat Gejala Pasien Covid-19

ERA.id - Di era pandemi COVID-19 saat ini menjaga imunitas tubuh sangatlah penting untuk mengurangi risiko terinfeksi virus. Nyatanya, selain dengan makan makanan yang sehat dan olahraga, memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup juga sangat berpengaruh pada terjaganya imunitas tubuh.

Menurut Andreas Prasadja, RPSGT, bahwa kualitas tidur baik yang diterapkan seseorang akan sangat berpengaruh ketika dirinya terinfeksi COVID-19. Ia mengatakan jika seseorang yang memiliki kualitas tidur baik cenderung akan mengalami gejala yang ringan. Sedangkan seseorang yang memiliki kualitas tidur buruk kemungkinan besar akan mengalami gejala yang berat.

"Di era pandemi ini kualitas tidur yang baik dibutuhkan. Karena jika memiliki kualitas tidur baik biarpun kena COVID hanya akan mengalami gejala ringan. Sedangkan yang kualitas tidur buruk banyak yang mengalami gejala sedang hingga berat," ujar dr. Andreas Prasadja, RPSGT.

"Untuk sehat yang optimal di masa modern kita butuh nutrisi yang seimbang, olahraga yang teratur, tetapi yang paling utama adalah kesehatan tidur yang baik. Karena nutrisi dan olahraga gak akan bekerja dengan baik jika tubuh tidak tidur," kata Praktisi Kesehatan Tidur dan Pendiri AP Sinoring & Sleep Disorder Clinic, dr. Andreas Prasadja, RPSGT, di webinar Antangin, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Andreas juga menyatakan bahwa tidur berkualitas dan cukup dapat membuat sistem imun bekerja secara optimal. Dengan ini, seseorang yang tidur cukup dan baik akan merasa segar ketika bangun.

"Tidur yang baik dan cukup sangat berpengaruh menjaga imunitas tubuh. Hanya pada saat tidurlah sistem imun kita bekerja secara optimal. Jika kualitas tidur baik bisa membantu atau me-restore kelelahan fisik, mental, sehingga ketika bangun akan kembali segar," lanjut dr. Andreas Prasadja, RPSGT. 

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan lama waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur dan cara-cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Menurutnya, ruangan yang nyaman dan cahaya yang redup sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik.

"Kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam. Untuk meningkatkan kualitas tidur apa saja yang harus dilakukan, kenyamanan dan suasana lingkungan yang sejuk. Cahaya ruangan yang redup dan matras yang nyaman juga sangat berpengaruh. Dan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik usahakan untuk mengonsumsi kafein dalam jangka waktu 12 jam sebelum waktu tidur," tutup dr. Andreas Prasadja, RPSGT.