Kapal 'Melayang' di Laut Inggris: Ilusi Superior Mirage yang Mengelabui Mata Manusia

ERA.id - Publik Inggris, terutama yang tinggal di tepi lautan, sempat dikejutkan dengan foto kapal tanker raksasa yang melayang di perairan kawasan Cornwall. Namun, 13 hari kemudian, pemandangan yang sama terulang: sebuah kapal pesiar, the Jewel of the Seas, tampak mengapung di udara di lepas pantai Dorset.

Para pakar menyebut pemandangan unik tersebut disebabkan oleh ilusi optik 'supeiror mirage'. Namun, seperti disebut pakar meteorologi BBC David Braine, fenomena ini biasanya terjadi di kawasan Arktik, namun, masih "sangkat langka" terjadi di kawasan seperti Inggris.

Ilusi optik superior mirage, atau 'fatamorgana superior', sendiri adalah hasil dari fenomena cuaca terkait inversi temperatur udara. Umumnya, temperatur udara makin rendah seiring bertambah tingginya permukaan dataran. Itulah kenapa puncak gunung selalu lebih dingin daripada area kaki bukit, demikian ditulis di The Guardian.

Namun, dalam kondisi inversi suhu, udara hangat justru tertopang oleh udara yang lebih dingin di bawahnya hingga mengelabui persepsi visual manusia. Ilusi di perairan Cornwall disebabkan oleh udara panas yang tertopang oleh laut yang bersuhu lebih dingin.

The Bournemouth Echo telah merilis foto-foto yang diambil pada Rabu pekan lalu terkait kapal pesiar Jewel of the Seas dan Anthem of the Seas, keduanya sama-sama tampak 'terbang' di atas lautan biru.

Fenomena superior mirages sendiri selama ini menjadi kesempatan para fotografer di seluruh dunia untuk mendapatkan efek 'melayang' yang menakjubkan dari obyek kapal, yacht, hingga perahu-perahu jenis lainnya.

Fenomena ini adalah fenomena alamiah. Namun, bila seseorang ingin memastikan apakah ia sedang menyaksikan kejadian 'superior mirage', atau justru melihat hantu kapal perang The Flying Dutchman, dia bisa berpegang pada satu aspek. Satu elemen khas dari fatamorgana ini adalah tidak adanya detail kapal yang terlihat di bawah garis air kapal.

Jadi, dalam fenomena superior mirage kapal-kapal yang 'melayang' di udara ini biasanya tak tampak memiliki rangka baja bawah atau lambung kapal.