Kerap Ditempel di Kaki, Ini Fungsi Cermin Rautan Pensil Anak Sekolah yang Sebenarnya

ERA.id - Semasa sekolah SD pada tahun 80-an hingga 90-an, kita mungkin memakai pensil dan penghapus. Masa-masa itu, tentunya sulit untuk dilupakan. Ada satu lagi, yakni rautan untuk mempertajam pensil atau menumbuhkan kembali isi pensil yang patah.

Rautan juga banyak bentuknya. Ada yang bentuk mobil-mobilan, ada yang menyatu dengan tempat pensil yang bertingkat, ada juga yang standar, yakni rautan pensil bundar dengan cermin.

Rautan dengan cermin inilah yang unik. Biasanya dipakai untuk menjahili teman-teman sekolah. Seperti apa? Ya, saya terangkan lagi, yakni disimpan di ujung kaki dan dibawa untuk melihat hal yang tidak-tidak. Ingat kan?

Ternyata, selain menjahili teman, ada fungsi lain dari cermin pada rautan pensil tersebut dan jarang diketahui orang-orang. Apa itu? Ternyata, murid-murid SD tahun 80-90-an sering memakai cermin rautan untuk berkaca.

Dalam sebuah pertanyaan di Yahoo, ada yang menulis tentang, "apa fungsi cermin di rautan pensil anak sekolah?" Mayoritas jawaban menjawab, agar murid perempuan bisa mencukur pensil alisnya di rautan itu, serta menguji warna dan ketebalan pensil alisnya melalui cermin yang disediakan rautan pensil.

Jadi secara tidak langsung, rautan pensil cermin itu bukan hanya bisa dipakai anak sekolah, melainkan perempuan dewasa juga mampu membelinya dengan harga murah dan tepat guna.

Selain menyediakan cermin, dari sumber lain yang ditemukan lewat Google Patent, diterakan bahwa dengan adanya cermin di rautan pensil, bisa menjadi pembeda dari rautan pensil yang lain di pasaran.

Jika ada jawaban yang lain, kira-kira apa fungsi cermin di rautan tersebut selain untuk mengakomodir kebutuhan konsumen? Jika tidak ada lagi, kita patut mengacungi jempol, jika pembuat rautan pensil untuk anak sekolah sungguh kreatif.