Alasan Warga Mau Ikut Vaksinasi: Supaya COVID-19 Tidak Kena Saya

ERA.id - Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, yang termasuk sebagai salah satu wilayah terpencil pada Rabu (24/3), menggelar vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi warga lanjut usia (lansia) hingga pekerja dan pelayan publik.

Kegiatan vaksinasi tersebut dilakukan di Kantor Camat Kao di mana Presiden Joko Widodo meninjau langsung jalannya vaksinasi.

Kepala Negara hendak memastikan bahwa vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi massal pemerintah telah terdistribusi secara merata hingga ke wilayah-wilayah terpencil.

“Hari ini saya datang ke Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Kenapa saya datang ke kecamatan ini? Saya ingin memastikan distribusi vaksin itu merata sampai ke pelosok, sampai ke daerah, yang sulit jangkauannya,” ujar Presiden setelah selesai meninjau jalannya vaksinasi di lokasi tersebut.

Sebanyak 100 orang turut serta mengikuti vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kecamatan Kao yang berpenduduk kurang lebih 9.400 orang akan memulai vaksinasi dengan target 100 orang tiap harinya.

“Ini sudah dimulai hari ini, nanti setiap hari 100 orang di Kecamatan Kao yang penduduknya kurang lebih 9.400 orang dan sudah dimulai untuk pelayan dan petugas publik, petani, dan pedagang pasar,” tuturnya.

Presiden yang datang untuk memastikan distribusi vaksin Covid 19 sempat berbincang dengan warga setempat yang mengikuti proses vaksinasi salah satunya Margius Unpatti.

Dalam percakapan singkat tersebut Jokowi memberikan pertanyaan seputar keberlangsungan vaksinasi kepada seorang warga bernama Margius.

“Kenapa mau divaksin? Disuntik vaksinasi?,” tanya Jokowi.

“Supaya penyebaran Covid-19 itu tidak kena sama saya,” ungkap Margius.

Selain Margius Unpatti Presiden Jokowi juga menyempatkan dirinya untuk berbincang dengan Rein salah satu warga yang divaksin berusia 65 tahun.

“Setelah nanti Bapak disuntik yang pertama, nanti dua minggu lagi disuntik yang kedua, paling dua hari mengantuk. Tapi setelah itu juga normal seperti biasa. Mengantuk sedikit saja, nggih. Bapak punya pesan untuk masyarakat yang lain?,” tanya Jokowi.

“Kami masyarakat mendukung dan untuk masyarakat yang lain, ini baik sekali sehingga kita memutuskan rantai penyebaran Covid-19 ini,” ungkap Rein.

Presiden Joko Widodo berharap agar daerah-daerah, utamanya di wilayah pelosok, juga dapat menggelar vaksinasi massal serupa agar laju penyebaran Covid-19 dapat segera dihentikan.

Mendampingi Presiden dalam acara tersebut antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.