Ratu Elizabeth II Memasuki Masa Berkabung 8 Hari, Bebas Tugas Kenegaraan Hingga Pemakaman Usai

ERA.id - Ratu Elizabeth II akan memasuki masa berkabung selama delapan hari sejak kepergian suaminya, Pangeran Philip. Selama masa berkabung itu, Ratu Elizabeth II akan bebas dari tugas kerajaan.

Menurut laporan People, rencana pemakaman Pangeran Philip akan dimulai saat Ratu Elizabeth II memasuki masa berkabung selama delapan hari. Di mana yang artinya pemakaman akan diadakan sekitar tanggal 17 April 2021. 

Selain itu, diperkirakan negara akan memasuki periode berkabung selama 10 hari dan keluarga kerajaan akan melakukannya selama 30 hari penuh. 

Nantinya para penjaga Istana Buckingham akan memakai ban lengan hitam di tunik mereka selama masa berkabung berlangsung. 

Lalu, Ratu Elizabeth II juga dilaporkan akan menghentikan semua kegiatan dan urusan kenegaraan selama masa berkabung. Proses pemakaman dari Pangeran Philip akan digelar secara berbeda dari biasanya. 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (Instagram/@theroyalfamily)

Sesuai dengan permintaan Philip, kemungkinan kerajaan hanya mengadakan pemakaman seremonial saja, bukan pemakaman kenegaraan seperti biasanya. Hal ini menandakan jasad Philip tidak akan berbaring di negara bagian. 

Sebelumnya pihak kerajaan mengumumkan kematian Pangeran Philip pada Jumat (9/4/2021) pagi waktu Inggris. Dalam pengumuman itu, Ratu Elizabeth II menyampaikan langsung duka yang menyelimuti keluarganya.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Duke of Edinburgh meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," tulis pernyataan kerajaan. 

Duke of Edinburgh tercatat menjalani perawatan pada 16 Feburari lalu di Rumah Sakit King Edward VII, London. Philip disarankan untuk mendapat perawatan dari dokter pribadinya setelah mengeluhkan sakit di badannya. 

Sebulan setelah mendapat perawatan, Philip diperbolehkan pulang dan beristirahat di rumah, tepatnya kembali ke Kastil Windsor tempat tinggal dirinya dan juga Ratu Elizabeth II selama pandemi. 

Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun dan tercatat akan berulang tahun yang ke-100 tahun pada 10 Juni mendatang.