Pak Anies, Jadikan Jakarta Destinasi Wisata Dunia

Jakarta, era.id - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menghadiri acara Farewell Dinner ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2018). Dalam acara ini turut hadir Dirut Tranjakarta, Budi Kaliwono, Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin dan tuan rumah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. 

Bambang, yang juga ketua umum ISEI, mengingatkan Pemprov DKI agar meningkatkan perekonomian Jakarta meski sepanjang tahun ini perekonomian Jakarta cenderung meningkat. 

"2017, pulau Jawa tumbuhnya 5,6 persen dan salah satu penyumbang terbesar adalah Jakarta," kata Bambang, dalam acara tersebut.

Tidak hanya soal perekonomian, Bambang juga ingin Jakarta maju dalam bidang pariwisata karena berdasarkan data yang dimilikinya Jakarta masih tertinggal dari Kuala Lumpur dalam hal jumlah wisatawan yang datang. 

"Di dalam daftar 20 kota yang sering dikunjungi, tidak ada nama Jakarta di dalamnya. Barangkali ini bisa menjadi pemicu bagi Pemprov DKI," tambahnya. 

Bambang juga menjelaskan, dalam setahun jumlah keseluruhan wisatawan yang datang ke Indonesia hanya 14 juta orang. Jumlah tersebut masih tertinggal jauh kota London yang dalam setahun dikunjungi hingga 18 juta orang. Menyusul setelahnya, Paris dengan 16 juta orang. 

Bambang berharap Jakarta menjadi ibu kota dan destinasi wisata sebagaimana ibu kota negara lain sehingga membawa Jakarta ke dalam daftar 50 besar kota paling sering dikunjungi wisatawan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Jakarta memang terus mempercantik diri. Pembangunan infrastruktur dikebut sana-sini. Kali-kali yang kumuh dibersihkan. Puncaknya, Pemprov DKI ingin momen Asian Games bisa jadi pemicu utama bertambahnya jumlah wisatawan.

Tag: ekonomi kreatif becak di jakarta