Panggilan Sahur Diprotes Zaskia Adya Mecca, Pria Ini Akui Musola Dikunci, Tak Bisa Bangunkan Sahur

ERA.id - Media sosial sempat dihebohkan soal kritikan artis Zaskia Adya Mecca. Ia terganggu oleh teriakan orang yang membangunkan kala sahur lewat spiker pengeras di masjid. Melalui Instagram pribadinya, istri Hanung Bramantyo ini menilai cara orang itu nggak etis dan tak menghargai warga sekitar.

"Aku yang asing, atau situasi yang semakin asing yaa. Buat aku kok ngga lucu, nggak etis, nggak menghargai orang lain," tulis Zaskia Adya Mecca.

Unggahannya ramai diperbincangkan, bintang film Hijab ini bertemu dengan sosok pria 'pengisi suara' sahur kala itu, yang bernama Rama. Zaskia Adya Mecca ingin meluruskan jika dirinya dengan Rama tak memiliki masalah apa-apa.

Artis berusia 33 tahun itu langsung bertanya kepada Rama soal alasannya membangunkan sahur dengan cara teriak melalui pengeras suara masjid. Rama menjawab jika dirinya hanya ingin umat Muslim menjalankan puasa tetap semangat.

"Tahun lalu sebenarnya nggak kayak gitu, karena saya mencoba hal yang baru saja. Supaya masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, semangat gitu loh. Memberi semangat ke mereka ayo cepat bangun sahur biar puasanya semangat aja. Selesai sahur tetap semangat gitu," ujar Rama dikutip melalui kanal YouTube The Bramantyo pada Minggu (25/4/2021).

Zaskia bertanya apakah ada salah satu warga yang menegur cara seperti itu. Rama menjawab tidak ada dan hanya Zaskia Adya Mecca yang baru memprotesnya.

Zaskia Adya Mecca dan Rama (Foto: YouTube/The Bramantyo)

"Tapi ada yang pernah negor nggak sih atau keberatan?' tanya Zaskia Adya Mecca

"Nggak ada sama sekali," jawab Rama.

"Oh baru aku doang nih ya," timpal Zaskia Adya Mecca.

Semenjak saat itu, Rama sudah tak bisa membangunkan sahur lagi karena masjid sudah dikunci.  

"Tapi kalau dari kamunya, kan akhirnya tadi pagi nggak ada pembangunan sahur dengan gaya yang heboh kemarin, itu kenapa tuh? kenapa langsung ah berubah,"  tanya Zaskia Adya Mecca.

"Musholanya dikunci, ditutup rapat semua," jawab Rama.

"Ditutup rapat sekarang, aku juga ada capture-an. Jadi tetanggaku dia WhatsApp pak RT sama ketua musola. Jadi musolanya nggak dikunci karena bukan musola resmi," timpal Zaskia Adya Mecca.

Apabila masjid sudah kembali dibuka, Rama mengaku tetap membangunkan sahur melalui pengeras suara masjid dengan cara yang berbeda dan lebih sopan.

"Kalau ntar malam nggak dikunciin, kamu akan membangunkan lagi?," tanya Zaskia Adya Mecca.

"Saya pasti akan membangunkan dengan cara berbeda, lebih sopan, nggak ada suara teriak-teriak yang bisa menganggu orang," jawab Rama.