Suaka Gelar Tur Asia Tenggara Perdana

Jakarta, era.id - Trio thrash and roll berkebangsaan Indonesia yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Suaka akan menggelar tur Asia Tenggara perdananya pada April 2018 ini. Dilansir dari laporan tertulis yang diterima era.id, Minggu (1/4/2018) tur ini sekaligus menjadi rangkaian promosi album Tiga yang dirilis pada 2017. 

Suaka akan memulai kick-off tur Asia Tenggara ini pada 15 April mendatang di perhelatan Hellshow di Bandung yang dilanjutkan ke Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan beberapa negara lainnya sebelum ditutup di Jakarta pada 3 dan 6 Mei.

Bertepatan dengan jadwal tur ini, label rekaman spesialis kaset Zim Zum Entertainment akan merilis ulang album Tiga dalam format kaset dengan jumlah 100 keping bertepatan dengan jadwal pertama tur mereka. Di dalamnya, akan disertakan sejumlah trek bonus yang dicomot dari demo rilisan 2013. 

"Kami enggak pernah berpikir untuk (merilis) kaset, karena di sini susah banget (bikin) kaset," ungkap bassis QQ. Dalam waktu dekat, Zim Zum akan menginformasikan prosedur pemesanan album versi kaset ini kepada para metalhead di seluruh planet bumi.

Suaka terbentuk pada 2001 dan digawangi dua pria Jakarta-Bandung yang merantau ke Negeri Paman Sam: Rully (vokal, gitar) dan Patrick "QQ" Salomo" (bass). Saat kali pertama terbentuk, Marcell Siahaan (Konspirasi, eks Puppen) sempat mengisi posisi drum dalam band ini.  

Selama 17 tahun eksis di ranah metal, Suaka telah merilis satu album mini (EP) dan tiga album album penuh; Indonesia (2005), Episode I (2007), Unify (2010) dan yang paling baru, Tiga (2017). Di album terakhirnya, posisi drum diisi oleh John Meredith.