Cha Tae Hyun Ungkap Pengalaman Pahit Dengan Gangguan Mental: Saya Pingsan dan Tidak Bisa Naik Pesawat

ERA.id - Aktor Cha Tae Hyun mengungkap pengalaman pahit dengan gangguan mental yang dialaminya. Ia mengaku pernah pingsan dan mengalami kesulitan naik pesawat sampai saat ini. 

Dalam episode terbaru variety show National Bang Bang Cook, Cook, Cha Tae Hyun bersama dengan Lee Sang Yeob dan Jang Hyuk berbicara tentang banyak hal. Salah satu topik menarik yang dibahas mereka ialah tentang masa sulit Cha Tae Hyun saat berakting. 

Secara mengejutkan aktor 45 tahun itu mengaku memiliki ganggun mental khususnya serangan panik di masa awal ia terjun ke dunia akting. 

"Itu adalah saat saya mengalami masa sulit secara mental, terlepas dari akting saya. Karena gangguan panik saya, saya akan pingsan dan pergi ke rumah sakit sepanjang waktu," kata Cha Tae Hyun, dikutip Newsen, Senin (10/5/2021). 

Aktor yang membintangi The Producers itu mengatakan ia pertama kali pingsan karena serangan panik 10 tahun yang lalu. Kejadian ini berlangsung saat ia berada di Amerika Serikat untuk memnandu sebuah acara. Akibatnya ia pun tidak bisa tampil di acara yang dipandunya selama 30 menit awal siaran. 

"Saya pertama kali pingsan ketika saya pergi ke Amerika Serikat dulu sebagai MC. Saya pingsan 30 menit sebelum siaran, jadi saya tidak bisa tampil di bagian pertama acara," kenangnya. 

Lalu, kata Cha Tae Hyun, sebelum pingsan dan mengacaukan acara, ia sudah mengalami kondisi yang buruk sejak berada di pesawat menuju Amerika Serikat. Saat itu ia merasa tidak enak badan dan mengalami kesulitan selama penerbangan. 

Sejak kejadian itu ia pun mengaku sampai sekarang masih belum bisa terbang ke Amerika Serikat. "Saya belum bisa pergi ke Amerika Serikat setelah itu," ungkapnya. 

Cha Tae Hyun pun mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah kepanikannya terbang naik pesawat. Hingga akhirnya ia mencoba mengatasi gangguan itu dengan muncul di program acara KBS "Where on Earth?"

Dalam program itu, Cha Tae Hyun pun mencoba untuk mengatasi ketakutannya akan penerbangan jarak jauh dan panjang. Di program tersebut, ia pun ditemani dengan Ji Jin Hee, Bae Jung Nam, dan Jo Se Ho untuk melakukan perjalanan ke keajaiban alam seperti gurun-gurun di seluruh dunia. 

Jang Hyuk pun penasaran apakah metode itu berhasil pada sang aktor. Dengan santai, Cha Tae Hyun menjawab hal itu tidak berhasil. 

Tetapi ia percaya setiap orang yang berjuang keras akan mendapat dosis obat tertentu untuk dikonsumsi serta menjalani terapi. Namun bagi dirinya, ia meyakini bahwa kesembuhan gangguan mental itu datang dari dirinya sendiri, bukan orang lain. 

"Pada akhirnya, kaulah yang harus mengatasinya. Jadi saya terus merobohkannya. Saya tahu ini akan sulit, tetapi saya tetap menerimanya. Bahkan jika saya berhasil melewati itu, bukan berarti saya akan berhasil," tegasnya.