Kapoldasu Instruksikan Pengetatan Pos Pengamanan Objek Wisata saat Libur Lebaran

ERA.id - Mengantisipasi lonjakan masyarakat di tempat-tempat wisata di Sumatera Utara (Sumut) saat libur lebaran, pos pengamanan objek wisata diperketat.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menginstruksikan seluruh stakeholder untuk memperketat pos pengamanan dalam penerapan protokol kesehatan.

"Dalam mengantisipasi lonjakan masyarakat yang mendatangi objek-objek wisata selama libur lebaran di tengah pandemi Covid-19, stakeholder agar melakukan pengawasan ekstra ketat kepada setiap pengunjung yang mendatangi objek wisata dalam mencegah penyebaran Virus Corona," kata Irjen Panca, Kamis (13/5/2021).

Dia meminta TNI Polri, Satgas Covid-19, BPBD, Dinkes, Dishub dan Satpol PP mengawasi setiap masyarakat yang datang agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pengawasan tersebut kata dia terkait kepatuhan masyarakat dalam menerapkan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Jangan sampai karena ramainya pengunjung yang datang ke objek wisata, menimbulkan klaster baru Covid-19. Oleh karena itu personil yang bertugas untuk tegas dalam menerapakan aturan prokes. Apabila ada yang melanggar berikan sanksi tegas," tegasnya.

Kapolda Sumut juga mengimbau masyarakat untuk menghindari mengunjungi sanak saudara selama momentum Idul Fitri 1442 H. Hal tersebut dikhawatirkan menyebabkan penularan Covid-19.

Masyarakat diminta melakukan silaturahmi melalui daring daripada bertatap muka yang dapat menyebabkan pengabaian prokes.

"Sebaiknya kegiatan silaturahmi dilakukan dengan virtual atau daring saja, untuk menjaga dan melindungi keluarga dari virus Corona," pungkasnya.