Api Obor Asian Games Akan Keliling Indonesia

Jakarta, era.id - Api obor Asian Games ke-18 akan dibawa melalui ke 51 titik di berbagai daerah Indonesia. Dimulai dari Yogyakarta dan akan berakhir di Istana Negara Jakarta.

Perjalanan api obor Asian Games akan dimulai dari New Delhi, India pada 15 Juli yang akan diwakili oleh Kemenpora. Setelah tiba di Indonesia, api obor tersebut akan melalui kota-kota seperti Yogyakarta, Bali, Makassar, Raja Ampat, Padang, Balikpapan, Palembang, Aceh, dan Malang.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, usai rapat koordinasi persiapan Asian Games dan Asian Paragames 2018 di kantor Kemenko PMK Jakarta, Kamis (5/4/2018) dikelilingkannya api obor Asian Games sebagai upaya meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata di berbagai daerah.

"Kenapa dipilih jalur 51 titik atau lokasi, karena kita juga berharap momen Asian Games ini sekaligus bisa meningkatkan ekonomi dan pariwisata. Dan tentu saja menjalin kerja sama di bidang olahraga dan mempererat kerja sama di bidang politik," kata Menko Puan dilansir dari Antara.

Setelah melewati 50 titik, perjalanan api obor Asian Games akan berakhir di Jakarta untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo sebelum upacara penurunan bendera pusaka pada 17 Agustus. 

Sementara itu, penyelesaian proyek infrastruktur untuk Asian Games akan selesai pada akhir Juli. Sebanyak 25 dari 40 cabang olahraga sudah melakukan uji coba pertandingan, sementara 15 cabang olahraga lainnya akan melakukan uji coba secara bertahap sebelum Asian Games dimulai pada 18 Agustus.

Baca Juga : Maskot Ondel-ondel Bakal Duet dengan Ondel-ondel

Tag: asian games